Cari
  • Valentinus J Sutanto

Bagaimana kriteria rumah ideal itu?

Diperbarui: Nov 7



Rumah ideal menjadi dambaan setiap orang. Rumah yang tak hanya nyaman, namun juga dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Rumah yang ideal tidak hanya dilihat dari tampilannya, luas bangunan atau desain yang menarik lainnya. Kenyamanan dan keamanan bagi para penghuni rumah juga dianggap mewakili suatu kriteria rumah ideal.


Namun tidak mudah untuk mewujudkannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin menjadikan rumah masuk dalam kategori ideal. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kriteria rumah ideal yang perlu diketahui:


1.Struktur truktur atau pondasi yang kuat

Syarat utama bagi rumah ideal adalah struktur atau pondasi yang kuat, kokoh dan baik. Konstruksi kuat penting untuk melindungi penghuni dari bahaya runtuh sehinga membuat penghuni merasa nyaman tinggal di dalamnya.



2.Tahan Suatu bangunan harus menerapkan rencana umur panjang. Saat proses pembuatannya, harus perhatikan dan memperhitungkan penggunaan bahan-bahan bangunannya yang bermutu dan berkualitas.




Kesehatan

Rumah merupakan tempat yang akan ditinggali untuk waktu lama, sehingga kebersihan dan kesehatan menjadi faktor penting yang harus selalu diperhitungkan seperti bagaimana pembuangan air kotor (sanitasi), sampah, dan iklim, arah angin, dan keadaan lingkungan sekitar. Rumah juga harus bebas dari keadaan lembap dan harus selalu mendapatkan cahaya yang cukup dan tidak berlebihan. Masalah saluran pipa yang bocor lama-lama bisa menimbulkan jamur atau bakteri yang dapat mengganggu kesehatan para penghuninya.




Keindahan

Faktor keindahan dapat menambah nilai tersendiri dari bangunan tersebut. Selain itu, bentuk bangunan, eksterior, dan interior yang enak dipandang tentu akan memberikan kenyamanan bagi penghuninya.




Mudah perawatannya

Rumah diisi dengan barang-barang yang diperlukan dan mudah diperbaiki jika ada kerusakan di kemudian hari. Untuk itu merapikan rumah sebaiknya dilakukan tiga kali seminggu atau setidaknya seminggu sekali. Jika terdapat kerusakan kecil, segera melakukan perbaikan pada kerusakan tersebut guna menghindari kerusakan yang lebih parah.


REDAKSI - Ervina Rias Palupi

Sumber: Elshinta.com


13 tampilan

HUBUNGI KAMI

  • Facebook
  • Instagram

©2019 by Rumah Srinaya.